ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

.Jakob Ereste: Membangun Budaya Menulis Bagi Buruh

Minggu, 28 Juli 2019
Jakob Ereste

ZonaXpose.com - Kesulitan menulis itu biasanya hanya terjadi pada waktu hendak memulai dan mengakhiri tulisan, apapun jenis kelaminnya.

Termasuk berita atau news yang singkat dan pendek kinstruksinya, hanya terdiri dari 5 W dan 1 H.

Selebihnya hanya menambah sandingan dan bandingannya saja. Dan untuk mengawali suatu  tulisan yang pertama harus dimatangkan adalah topik dan temanya. Jika sudah matang tergodok di dalam kepala, maka dengan sendirinya semua akan mengucur deras seperti air keluar dari pancuran.

Dalam kondisi serupa inilah, menulis itu bisa dibayangkan seperti naik sepeda. Yang harus dilakukan hanya sekedar menhaga arah yang hendak dituju dengan gaya dan variasi seperlunya saja.

Lalu saat hendak mengakhiri tulisan memang diperlukan semacam pemanisnya, agar kesan yang tertinggal bisa memberi daya pukau yang akan selalu menyegarkan daya ingat pembaca.

Jadi menulis itu sungguh gampang seperti yang pernah ditulis mendiang Arswendo Atmiwiloto semasa hidupnya.

Lalu apa masalahnya yang sesungguhnya sulit itu adalah memperoleh ide segar ketika hendak menulis sebuah ide dengan sudut pandang yang paling bagus dan baik. Ibarat memotret suatu obyek, bisa dipilih dari berbagai sudut pandang, dan inilah engle itu dalam istilah jurnalistik yang umum. Seperti kerumuban wartawan yang meliput suatu kejadian, mading-masing bisa menampilkan pemberitaan atau karya fotonya yang sama-sama bagus dari sudut pemveritaan atau pemotretan yang berbeda, meski inti ceritanya sama juga. Tetapi kemasan sajian akan menjadi daya tarik tersendiri. (Zaenal Abidin CH) 


Share This :

0 komentar