ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Polda Metro Jaya Tolak Semua Gugatan Empat Pengamen Cipulir

Selasa, 23 Juli 2019

Jakarta.ZonaXpose.com  –  Polda Metro Jaya menolak seluruh gugatan  yang dilayangkan oleh pihak pemohon, dalam lanjutan sidang lanjutan praperadilan korban salah tangkap empat pengamen Cipulir, di PN Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Kuasa Hukum Polda Metro Jaya, AKP Budi Novianto menjelaskan, penolakan tersebut salah satunya dikarenakan gugatan materiil dan imateriil yang dimohonkan oleh keempat korban tidak berdasar hukum dan mengada-ada.

Menurutnya, jumlah gugatan materiil yang dimohonkan itu melebihi jumlah maksimal yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan dalam Pasal 9 ayat (1) PP 92/2015. Di mana berdasarkan pasal itu paling banyak Rp100 juta.

“Permohonan ganti rugi tersebut adalah ganti rugi yang mengada-ada dan tidak berdasar hukum. Sehingga sudah sepatutnya ditolak oleh Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara a quo,” ujar AKP Budi dalam persidangan.

Sebelumnya pemohon meminta  ganti rugi materiil sebanyak Rp. 662.400.000 sedangkan ganti rugi imateriil sebanyak Rp. 88.500.000.  Namun Budi menegaskan bukan hanya ganti rugi materiil dan imateriil saja yang ditolak. Melainkan juga pemulihan nama baik.

Menurut AKP Budi, pemulihan nama baik akan diberikan jika polisi menghentikan penyidikan karena ada kesalahan dalam proses penangkapan. Namun dalam kasus tersebut, pihaknya tidak menghentikan penyidikan. Bahkan kasus tersebut dilanjutkan hingga pelimpahan berkas ke Kejati DKI Jakarta dan disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Bahwa dalil dalil pemohon tidak jelas dan keliru bahwa Pasal 95 KUHAP konsekuensi yuridis, yaitu jika penyidik melakukan penghentian penyidikan terhadap suatu perkara,” kata AKP Budi.

Oleh karena itu, ia pun menolak seluruh gugatan dari pemohon. AKP Budi pun berharap agar Majelis Hakim dapat mempertimbangkan jawaban tersebut dan mengabulkan permohonan dari termohon.

“Termohon 1 (Polda Metro Jaya) berkesimpulan bahwa semua dalil yang dijadikan alasan pemohon untuk mengajukan praperadilan keliru,” tegas AKP Budi.

Oleh karena itu, lanjut AKP Budi,  pada kesempatan ini dimohon kepada hakim praperadilan yang memutuskan untuk menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya, menyatakan tindakan penyidikan yang dilakukan termohon 1 kepada para pemohon adalah sah dan sesuai dengan undang-undang,” ujar AKP Budi.

Berikut jawaban lengkap pihak Polda Metro Jaya atas Permohonan Gugatan Pemohon :

Menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya
Menyatakan tindakan penyidikan yang dilakukan  termohon 1 kepada para pemohon adalah sah dan sesuai dengan undang-undang
Menyatakan termohon  1 telah melakukan penyidikan dengan benar mengenai orangnya atau dalam kerangka pemenuhan hukum kepada pemohon
Menolak menghukum termohon  1 untuk membayar ganti rugi material sebesar 662.400.000 dan kerugian im-material 88.500.000
Menolak memerintahkan termohon 1 untuk merehabilitasi nama baik para pemohon dalam media elektronik dan cetak nasional dan lokal
Menghukum para pemohon untuk membayar seluruh biaya perkara yang timbul dalam perkara aquo.(Red) 
Share This :

0 komentar