ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Wisata Dieng Pengurus Rw 05 Duri Utara Bersama ZonaXpose

Jumat, 19 Juli 2019

Jakarta ZonaXpose.com-Dieng pada awal abad Masehi, terjadilah sebuah proses besar besaran penduduk Kalingga keberbagai penjuru Asia, salah satunya kepulauan Jawa...Dieng . Jum'at (19/07/2019).

Dieng yang berasal dari bahasa dari Sanskerta di artikan tempat yang tinggi atau gunung dan Hyang artinya leluhur atau Dewa Dewa.

Nama Dieng sendiri di latarbekangi dari peristiwa pemindahan simbol Surga dilakukan Sang Hyang Djagadnata ( Bathara Guru).

Legenda Gunung Dieng tidak dapat dilepaskan dari sebuah legenda tentang misteri anak Majang , yaitu anak anak yang memiliki rambut gimbal.

Cerita yang berkembang di masyarakat sekitar Gunung Dieng adalah dimana anak majang yang memiliki rambut gimbal tersebut merupakan titisan dari Kyai Kaladete yang di kenal sebagai seorang yang memiliki kesaktian dan selalu membela masyarakat kecil yang hidup di zaman kejayaan Mataram.

Baru-baru ini pengurus wilayah RW 05 Kelurahan Duri Utara Tambora Jakarta Barat dan Tim ZONAXPOSE mengadakan expedisi wisata tour ke Gunung Dieng Jawa Tengah.

Pengurus wilayah RW 05 Maman Tengky mengikut sertakan para pengurus RT serta Staf, ketua RW 03, LMK FKDM Binmas dan CITRA BHAYANGKARA 10.13 SUB SEKTOR POLSEK TAMBORA POLRES METRO JAKARTA BARAT.

Maman Tengky mengatakan sekali kali kita sebagai pengurus wilayah wisata ke Gunung Dieng menghirup udara yang  segar sangat luar biasa dinginnya dan menyaksikan bagaimana embun membeku dan berubah bentuk menjadi butiran es ( frost ) ucapnya.

Suhu Dieng menjelang pagi hari bisa mencapai minus 2 derajat Celsius dan sore hari di sekitar candi mencapai 15 derajat Celsius.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi , Klimatologi dan Geofisika (BMKG),Suhu dingin sebenarnya tidak hanya terjadi di wilayah jawa.tapi juga mencapai Nusa Tenggara , mengalami penurunan suhu signifikan saat malam hari , bahkan mencapai di bawah 15 derajat Celsius.

Pada tanggal 01 Agustus nanti sampai 06 Agustus 2019 Dieng akan ada Gelar Adat Tradisi Dieng pemotongan rambut anak Majang yang di kenalnya rambut Gimbal.
Acara adat ini sangat luar biasa meriahnya di saksikan pengunjung touris asing dari berbagai Manca Negara. (M.Chaer)

Editor : Zaenal Abidin CH
Share This :

0 komentar