ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Danrem 081/DSJ Gowes Bareng ke Wisata Kota Tua Bosbow

Jumat, 23 Agustus 2019

Madiun. ZonaXpose.com,-Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki, S.E., M.Si. beserta jajarannya, pagi ini tampak berolahraga dengan gowes bareng menuju ke Asrama Bosbow, Jl. Diponegoro Kota Madiun, Jumat (23/08/2019).

Terlihat sesampainya di Asrama Bosbow, Danrem langsung berkeliling melihat-lihat anggotanya yang saat ini tengah merehab atau menata Asrama Bosbow untuk nantinya dijadikan sebagai kawasan wisata kota tua.

Ia menerangkan terkait rute gowesnya yang singgah di Asrama Bosbow. Menurutnya, hal itu selain untuk melihat progres proses penataan dan Rebab, juga sebagai sarana untuk lebih mengenalkan lagi Asrama Bosbow yang punya nilai eksotik sebagai salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi.

"Saya ingin masyarakat di Kota Madiun lebih mengenal dan merasa bangga mempunyai tempat wisata kota tua, seperti yang ada di Asrama Bosbow," tuturnya.

"Kalau jakarta punya kawasan wisata kota tua di Jakarta Barat, Semarang juga ada Lawang Sewu, maka Kota Madiun juga punya hal itu di Asrama Bosbow ini," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, setelah proses rehab seluruhnya telah selesai, ke depannya Asrama Bosbow juga dapat digunakan oleh masyarakat Kota Madiun untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Seperti diketahui, Asrama Bosbow yang dibangun pada tahun 1912 pada jaman kolonial Belanda, dulunya digunakan sebagai Sekolah Pendidikan Calon Pamong Praja di Kota Madiun atau juga biasa disebut dengan OSVIA yang kependekan dari Opleideng School voor Inlandsch Ambtenaren (Kawah Candradimukanya Pegawai Negeri Hindia Belanda). 

Sekolah OSVIA tersebut hanya berlaku untuk anak laki-laki keturunan Ningrat dan tidak berlaku untuk anak perempuan, serta anak dari suku bangsa lain, misalnya dari etnis Tionghoa. (ZA) 
Share This :

0 komentar