ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Kuliah Umum Asops Panglima TNI di Kampus Sespim Lembang

Jumat, 04 Oktober 2019

Bandung, Zonapose.com-Bertempat di Kampus Sespim Lembang, Hari Jumat (4/10/2019), Asop Panglima TNI yang diwakili oleh Pabandya 2, Letkol Inf Dikson Trisedyo, SH memberikan kuliah umum tentang Sinergitas Polisional Perbantuan TNI Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Kuliah umum diberikan kepada 220 peserta didik Sespimmen Polri Dikreg Ke-59. 

Dalam kuliahnya, Dikson menyampaikan bahwa TNI Polri selaku institusi vital dan aparat negara harus bersinergi dalam menjaga dan memelihara keamanan di Indonesia. Ancaman-ancaman yg semakin kompleks menjadi latar belakang perbantuan TNI-Polri guna mengatasi ancaman yang datang tersebut sehingga pembangunan nasional dapat tetap berlangsung.

Beberapa dasar hukum perbantuan TNI-Polri telah diatur dalam UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri, UU RI Nomor 34 Tahun 2004 ttg TNI, UU RI Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. Selain itu, telah ada MoU antara TNI dan Polri Nomor: B/2/I/2018 tanggal 23 Januari 2018 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dalam rangka Harkamtibmas.

Dikson juga menyampaikan bahwa perbantuan TNI-Polri harus mengutamakan azas-azas perbantuan yaitu: teguh pada tujuan, koordinasi, efektif efisien, legitimasi, keamanan dan keselamatan, fleksibilitas, kesatuan komando, dan sinergi. Selain itu, ada rule of engagement yang wajib dipedomani yaitu: mengutamakan metode persuasif, penggunaan kekuatan terbatas pada pertahanan diri, menggunakan senjata dan munisi non lethal, serta menghindari jatuhnya korban luka, hilangnya nyawa dan kerusakan pada pihak sipil.

Di akhir kuliahnya, Dikson menyampaikan bahwa sinergitas dan soliditas TNI-Polri harus terus ditingkatkan dalam menjaga stabilitas keamanan guna mendukung keberlangsungan pembangunan nasional. (Shem) 
Share This :

0 komentar