ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Acara Sosialisasi Metode Pelaksanaan Survei Pelayanan Publik Tahun 2019

Sabtu, 23 November 2019


ZonaXpose.com - Kabag Strajemen AKBP I Gusti Ayu Sasih, S.H mewakili Karorena membuka Sosialisasi Metode pelaksanaan Survei pelayanan publik tahun 2019 yang diikuti oleh para Kabag Ren dan Kasubbag Renmin beserta staf operator jajaran Polda Bali di Gedung Perkasa Raga Garwita (PRG) Polda Bali Jumat (22/11/2019).

Dalam sambutannya Kabag Strajemen menyampaikan bahwa dalam Rencana Strategis (Renstra) Polri terdapat beberapa Indikator Kinerja yang capaiannya adalah hasil survei kepuasan masyarakat.

Demikian juga dalam Rencana Strategis (Renstra) Polda Bali, memiliki beberapa indikator kinerja yang capaiannya berdasarkan hasil survei, terutama Indikator Kinerja yang terkait dengan pelayanan publik Kepolisan di Polda Bali.

Namun untuk mendapatkan nilai indikator kerja pelayanan publik diperlukan dua komponen penyusunan yaitu hasil survei dan perbandingan Perjanjian Tingkat Layanan/Service Level Agreement (SLA) unit-unit layanan dibawahnya.

Untuk itu, Rorena Polda Bali perlu mensosialisasikan dan memberikan bimbingan cara melakukan survei dengan mempedomani Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik  dan  membuat  Perjanjian Tingkat Layanan/Service Level Agreement (SLA) dalam rangka mengukur indikator kinerja pelayanan publik Renstra Polda Bali. 

Buku Panduan ini dibuat sesederhana mungkin dengan menggunakan istilah-istilah yang biasa digunakan dalam Sistrenstra Polri agar mudah dipahami oleh komunitas perencanaan Polri khususnya di Polda Bali, sehingga komunitas perencanaan Polri Polda Bali  diharapkan dapat melaksanakan survei dan membuat Perjanjian Tingkat Layanan/Service Level Agreement (SLA) , ” Jelas AKBP Ayu Sasih. 

Kegiatan Sosialisasi dilanjutkan dengan paparan Kasubbag Strategis dan Pengembangan Rorena Polda Bali Pembina Hendrik Andrianto, M.Si. dalam materinya Hendrik membahas tentang Metode survei untuk capaian Indek Kinerja Utama (IKU)   
Renstra Polda Bali 2020-2024. Dalam Renstra Polda Bali Tahun 2020-2024, terdapat beberapa Indek Kinerja Utama (IKU) yang capaian kinerjanya dilaksanakan melalui survei, ada dua  kategori survei yang dilaksanakan, yaitu; Survei Kepuasan Masyarakat (survei yang sasarannya adalah masyarakat umum yang menggunakan layanan publik kepolisian Polda Bali) dan Survei Kepuasan user internal (survei yang sasarannya adalah internal/anggota/unit organisasi yang meneriman pelayanan internal).

“Satker/Satwil yang melaksanakan survei kepuasan masyarakat adalah yang menyelenggarakan pelayanan publik, misalkan Ditlantas untuk pelayanan STNK, BPKB dan sebagainya, Ditintel untuk SKCK, Ditreskrimum untuk sidik jari. Sedangkan Satker yang menyelenggarakan survei internal adalah Satker yang memiliki dan menetapkan target capaian Indek Kinerja Utama (IKU) berdasarkan hasil survei kepada pengguna layanannya” ucapnya

Diakhir acara AKBP I Gusti Ayu Sasih, S.H. menyampiakan bahwa tujuan diselenggarakannya survei Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik. dengan sasaran: Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggaraan layanan publik, Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan public, Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik, Mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. tutupnya.

ZonaXpose.
Share This :

0 komentar