ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Kodim 0735/Surakarta Gelar Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu Tahun 2019.

Minggu, 24 November 2019

Surakarta, ZonaXpose.com  -Kodim0735/Surakarta akan melaksanakan Program pembinaan Teritorial terpadu pada Minggu (24/11). Kegiatan Binter terpadu yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0735/Surakarta mengusung tema "memberdayakan wilayah pertahanan melalui Kegiatan Binter terpadu guna memantapkan Ruang, Alat, dan Kondisi juang yang tangguh" yang meliputi empat kegiatan diantaranya adalah Bhakti TNI yang meliputi kegiatan Bersih-bersih Sungai dan Peresmian dan penyerahan Rumah  dari Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Talkshow dan Perlawanan Wilayah (Wanwil) dilaksanakan mulai pukul 06.30 s.d 16.30 Wib.

Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata S. Aji, SE, MDS saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut menegaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Binter Terpadu adalah untuk mengoptimalkan kegiatan Pembinaan Teritorial yang dilaksanakan di wilayah Kota Surakarta melalui peran dan partisipasi masyarakat secara aktif untuk memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.


Dandim juga menegaskan bahwa Binter Terpadu merupakan sebuah kegiatan dibidang teritorial dengan memadukan ketiga metode Binter secara serentak untuk meningkatkan hasil kegiatan. Keterpaduan ketiga metode Binter dapat mengoptimalkan pencapaian pemberdayaan aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di wilayah. Pelaksanaan Binter dengan metode Wanwil, Komsos dan Bakti TNI dijabarkan dalam pemilihan kegiatan fisik maupun non fisik dengan tujuan untuk penyiapan wilayah, masyarakat yang berada di Kota Surakarta serta kondisi sosial yang dinamis bagi kepentingan pertahanan negara.

Kegiatan Binter Terpadu diharapkan dapat melibatkan Pemerintah Daerah, Institusi terkait dan komponen bangsa lainnya dengan sinergitas program dan anggaran. Sinergitas yang terjalin dari kegiatan Binter Terpadu diproyeksikan dapat mengoptimalkan dampak nyata pada upaya-upaya membantu kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat kemanunggalan TNI-Rakyat.

Untuk pelaksanaan Binter Terpadu diawali dengan kegiatan Bhakti TNI dengan sasaran berupa bersih-bersih sungai dilaksanakan diwilayah Kecamatan Jebres, bertempat di Kali Pepe (Pintu Air Demangan) kelurahan Gandekan, Minggu pagi pukul 06.30 Wib s.d 09.00 Wib. Kegiatan ini akan diawali dengan apel bersama dilanjutkan dengan pembersihan sekitar kali Pepe, Untuk sasaran yang dibersihkan meliputi pembersihan sepanjang 300 meter dan anak kali pepe (Kali Buntung) sepanjang 100 meter, dengan target membesihkan sampah-sampah dan rumput-rumput didinding talud. 

Pelaksanaan resik-resik Kali Pepe Melibatkan semua unsur elemen masyarakat Kota Surakarta berjumlah 700 0rang diantaranya TNI/POLRI 215, serta Mitra TNI dan Ormas yang berjumlah 485 orang.
Dandim 0735/Surakarta yang memimpin langsung pelaksanaan resik-resik Kali Pepe tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen yang hadir dalam acara resik-resik kali Pepe di pintu air Demangan Kelurahan Gandekan dalam rangka Binter terpadu Kodim 0735/Surakarta ini.
Lebih lanjut Dandim menegaskan bahwa kebersihan lingkungan khususnya aliran sungai perlu kita laksanakan secara berkala demi kelancaran air sungai dari sampah agar tidak terhambat yang bisa mengakibatkan terjadinya banjir, apalagi saat ini sedang memasuki musim penghujan." Tegasnya.

Setelah rampungnya kegiatan Resik resik Kali Pepe dilanjutkan kegiatan Peresmian dan Penyerahan Rumah hasil Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang bekerjasama antara TNI Polri, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), PLN dan Masyarakat dengan Sasaran 7 Rumah warga yakni Rumah Mei Wulan T alamat Kp. Tegal Rejo RT 02 RW 03 Kel. Sondakan Kec. Laweyan, Rumah  Suparto Kp. Kusumodilagan RT 06 RW 10 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon, Rumah Ibu Mina Kp. Kusumodilagan RT 04 RW 10 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon, Rumah  Suratno Kp. Kusumodilagan RT 04 RW 10 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon, Rumah Ibu Surip Kp. Tempen RT 01 RW 03 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon, Rumah Ibu Erni Pujiastuti Kp. Gabudan RT 03 RW 08 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon, dan Rumah Jumiran Kp. Gabudan RT 01 RW 08 Kel. Joyosuran Kec. Pasarkliwon. 

Setelah kegiatan peresmian dan penyerahan RTLH selesai dilanjutkan dengan pelaksanaan Talkshow dengan mengambil tema “Bela negara di era digital” bertempat di Gedung Mess Warastratama Surakarta, serta pemberian materi pemberian materi teori dan praktek Mountenering dan Kesehatan Lapangan (Keslap) yang bertempat di Stadion Manahan Solo.

Dari serangkaian kegiatan tersebut bersasaran dalam mewujudkan sarana dan prasarana di wilayah dalam rangka meningkatkan kesejahteran masyarakat, mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat, menjalin kerjasama antara TNI POLRI, dan komponen masyarakat dalam rangka mengatasi kesulitan rakyat, tercapainya peningkatan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, dan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan bertujuan untuk mengoptimalkan binter Kodim 0735/Surakarta melalui peran dan partisipasi masyarakat secara aktif untuk memantapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh.

ZonaXpose.
Share This :

0 komentar