ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Guru Di DKI Jakarta Ikuti UKG

Kamis, 12 Desember 2019

Jakarta, ZonaXpose.com - Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi tenaga pengajar, kepala sekolah serta pengawas yang telah bersertifikasi dan menerima tunjangan sertifikasinya, sudah mulai digelar. Ujian tersebut dilaksanakan secara serentak di DKI Jakarta, Dalam UKG diikuti tenaga pengajar dari jenjang guru SD, SMP, SMA, SMK.

Hal itu dikatakan salah seorang Guru SDN Kali Anyar 01 Pagi, Sri Rahayu Prihatini,S.Pd. saat ditemui ZonaXpose.com usai melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) di SMK Negeri 9 Jakarta, Kamis, (12/12/2019). 

Menurut dia, semua guru yang sudah sertifikasi dan menerima tunjangan sertifikasi akan mengikuti UKG yang ditempatkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang berbeda-beda  lokasi di DKI Jakarta.

Untuk di SDN Kali Anyar 01 Pagi semua guru mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) secara bergiliran jadwalnya sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. paparnya.

Di tempat yang sama, Ahmad Tushilal Amri,S.Pd. perwakilan dari guru SDN Kali Anyar 01 Pagi Kelurahan Kalianyar Kecamatan Tambora Kota Administrasi Jakarta Barat sebagai peserta UKG, menjelaskan, bahwa ujian tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dua kompetensi dasar guru, diantaranya Pedagogik dan Profesional serta sebagai sarana pemetaan guru.

Perlu kami jelaskan pula bahwa pengujian UKG tidak ada korelasinya terhadap pemboikotan tunjangan sertifikasi. Meski begitu, semua guru diharapkan serius mengisi soal yang diberikan langsung dari Kemendiknas secara on line. Bagi yang tidak lulus atau nilainya dibawah target akan dibina secara berkala dengan melihat dimana kelemahannya. Misalkan lemahnya pada pedagogik, maka akan dibina kompetensi tersebut hingga dapat memenuhi target, jelasnya.

Dikatakan Sri Utami,S.Pd, setiap gelombang akan diberikan sebanyak 80 soal dengan waktu pengisian selama 120 menit. Selain itu, tidak akan ada pengulangan jadwal UKG kecuali kesalahan yang disebabkan oleh teknis.

Hasil dari UKG nantinya akan diteruskan pada Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Dengan adanya UKG diharapkan dapat terkumpulnya data-data kompetensi guru sebagai dasar pembinaan terhadap tenaga pendidik.

A.T. Amri
ZonaXpose.com
Share This :

0 komentar