Keterangan Untuk Teleconference Menteri Desa PDTT Dengan Balai Latihan Masyarakat dan Desa-desa di Indonesia



ZonaXpose.com - Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, untuk pertama kalinya menyelenggarakan teleconference dengan balai-balai latihan masyarakat di lingkungan Kementerian, dan warga desa-desa di Indonesia. Teleconference diselenggarakan di Ruang Kendali Kementerian Desa PDTT, pada Senin, 13 Januari 2020.

Arus informasi dibuka langsung dari desa ke Menteri, agar komunikasi bisa langsung terjalin dari pusat langsung ke desa. Diharapkan kelancaran arus informasi ini mampu mengurai permasalahan dari desa. Karena, masalah lebih cepat diketahui, sehingga dapat lebih cepat diselesaikan. 

Komunikasi langsung Kementerian Desa PDTT ke desa juga memungkinkan penyampaian informasi lebih cepat dari pusat ke daerah. Dana desa diharapkan lebih cepat cair dan lebih cepat dimanfaatkan warga, sehingga dampaknya semakin meningkat di masa datang.

Ini sekaligus menunjukkan kiprah digitalisasi desa untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan transparansi, serta partisipasi warga desa. Beberapa keunggulan desa digital ditunjukkan di bawah ini.

Desa Punggul, Kec Abiansemal, Kab Badung, Bali menyediakan pemasangan zona Hot Spot/ Wi-fi secara gratis. Ada pula aplikasi pelayanan berbasis digital sehingga menghasilkan motto “SALAM 5 Menit!”, yaitu: SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan), SIADEK (Sistem Administrasi Desa dan Kelurahan), SIGADIS (Sistem Informasi Geografis Administrasi Desa-Terintegrasi), SIPEMDES (Sistem Informasi Pemerintahan Desa).

Bumdes Bersama yang dikelola Badan Kerja Sama Antar Desa Pancamandala, Tasikmalaya, Jawa Barat, menyelenggarakan Kawasan Perdesaan 4.0. Ini terdiri dari kerja sama 6 Desa, yaitu Desa Papayan, Desa Ciwarak, Desa Mandalamekar, Desa Mandalahurip, Desa Kertarahayu, Desa Kersagalih. Unit usaha BUMDESMA Pancamandala meliputi penyediaan Infrastruktur dan Jaringan Internet (Kerjasama dengan PT. Icon + dan PT SIMS/ Sarana Insan Muda Selaras), peternakan domba, pengolahan kayu haspel, multimedia (Sound System, Audio Visual, Desain Grafis), bengkel/ Bekali.id, helpdesk SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan).

Desa Pandanlandung Kec. Wagir Kab. Malang, Jatim, membuat Sistem Pelayanan Administrasi Online Desa (PAOD).
Desa Sindangjawa Kec. Dukupuntang Kab. Cirebon, Jabar, menyelenggarakan pengelolaan dana desa yang dimanfaatkan secara non tunai, E-Warung (pembayaran non tunai oleh warga), KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), program pemberdayaan bidang agrotani yang dilatih oleh KWT (Kelompok Wanita Tani).

Di Desa Pekraman Beraban Kec.Kediri Kab. Tabanan, Bali, dijalankan Program I luh Mantul (1 KK 1 Sarjana, PAUD Gratis, Dokter on Call), Program DEBEST (Desa Beraban Smart City), dan pengurusan surat menyurat secara online
Di Desa Kampung Hilir Kec. Tambelan Kab. Bintan, Kepri, disediakan internet Desa Membangun Indonesia, dan menjadi desa pilot untuk Desa Broadband Terpadu. 

Desa Kepel Kec Kare Kab Madiun, Jatim, menyediakan Siskeudes Online (Aplikasi Sistem Keuangan Desa), SMART Perencanaan, IMP S.M.A.R.T (Institusi Masyarakat Solusi Membangun Keluarga Terencana), IP4TP (Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah Secara Partisipatif), EPDESKEL/ Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, dan My Village (Aplikasi Pelayanan untuk masyarakat desa).

Desa Batumerah, Kec Sirimau, Kota Ambon, Prov Maluku, menyediakan Perpustakaan Hatukau (Taman bacaan yang mendorong kemajuan desa), dan Digitalisasi UMKM. Produk-produk kuliner khas Maluku yang dijajakkan terbukti mendulang kenaikan penjualan sejak dipasarkan secara daring. Keterampilan untuk mempromosikan barang di jagad maya diperolehnya melalui Program Pembinaan Digitalisasi UMKM yang dijalankan tim pustakawan Hatukau pada 2017
Desa Waru Barat Kec Waru Kab Pamekasan Provinsi Jawa Timur merupakan Desa Terbaik Ke 2 Kategori Pelayanan Informasi & Transparansi Publik. Tersedia juga aplikasi Sami Sai (Pelayanan 7x24 jam berbasis TIK), dan pemanfaatan Medsos aktif.

Desa Cikiray Kec Cikidang, Kab Sukabumi, Jabar, menyediakan pelatihan sablon Digital BUMDes Bakti Usaha Mandiri.
Desa Cot Baroh Kec.Glumpang Tiga Kab. Pidie, Aceh, menyediakan pemanfaatan Website Gampong, dan jaringan Internet Desa.
Desa Genteng Kulon Kec Genteng Banyuwangi siap dengan SIMAS Mandiri (Sistem Pelayanan Masyarakat Melakukan Mandiri).

Adapun Desa Genteng Wetan Kec. Genteng Banyuwangi  memiliki Program Smart Kampung (Pelayanan One Stop Service oleh kantor desa yang berkaitan dengan instansi lain seperti Dinas Kependudukan dan Dinas Kesehatan), dan BUMDes Lumbung Makmur: Program Rentang Kasih dan Bantuan Pangan Non Tunai.
Desa Lamahu, Kec. Bulango Selatan, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, melakukan pemasangan 32 Smartpole (Tiang Cerdas dengan sensor cahaya dan sensor gempa), CCTV dan Wifi, yang terintegrasi dengan Lamahu Command Center. 

Adapun fitur E-Desa meliputi Tombol Darurat Kesehatan, Tombol Darurat Kamtibmas, dan Tombol Surat Keterangan
Desa Puncakbaru Kec.  Cidaun Kab.  Cianjur Jabar melakukan pemasangan dan pengelolaan akses jaringan internet BUMDES Desa Puncak Baru, serta penggunaan SIDEKA (Sistem Informasi Desa dan Kawasan).

Keunggulan dari masing-masing Desa Digital tersebut menandakan bahwa Desa-Desa di Indonesia umumnya telah siap untuk menyambut era 4.0 sehingga kedepan pemanfaatan teknologi berbasis digital diharapkan akan mampu membawa dampak positif langsung kepada masyarakat Desa seperti kemudahan dalam bidang pelayanan publik yang cepat, 
transparansi keuangan Desa, respon terhadap permasalahan desa, dan banyak hal lainnya.

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments