Babinsa Koramil 01/Tenggarong Beri Wasbang Kepada Siswa SMAN 2 Tenggarong


Tenggarong, ZonaXpose.com - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/ Tenggarong Kodim 0906/Tgr Serka Heri Sutopo memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) kepada siswa peserta Latihan Dasar Kepemimpinan  kepada siswa dan siswi kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong, Jalan Pesut Rt.07,  Kel. Timbau, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Rabu (11/03/2020).

Serka Heri Sutopo mengatakan bahwa materi Wawasan Kebangsaan, Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara indonesia yaitu pancasila.

"Siswa dan Siswi SMA merupakan jenjang pendidikan menengah yang memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa,  Tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan untuk memahami ideologi Pancasila dan Undang - undang Dasar 1945.

Pemberian materi tentunya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMA yaitu dengan pola mengajak kembali untuk menginggat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya, menyanyikan lagu-lagu nasional, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, sopan santun dan giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi sekolah menengah atas.

Ia menyebutkan, kita semua adalah satu bangsa yaitu bangsa Indonesia tanpa memandang suku, bahasa sebagaimana tertera di dalam Pancasila yaitu Bhineka Tunggal Ika.

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments