Miris ! Ibu di Cirinten Lebak Banten Melahirkan di Jalan Beralas Tanah Merah dan Bebatuan


Lebak Banten - Jauhnya akses ke Puskesmas yang berjarak puluhan kilometer membuat Sari warga Kampung Pasir Sempur, Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak terpaksa harus melahirkan di pinggir jalan rusak di Kabupaten Lebak, Banten, Senin (9/3).

Kepala Desa Cibarani Dulhani mengatakan, warganya terpaksa melahirkan di jalan rusak lantaran jarak ke puskesmas di kecamatan ini puluhan kilometer. Selain itu, di desanya juga belum ada puskesmas pembantu, sehingga membuat warga kesulitan mendapatkan pertolongan kesehatan.

“Kan di desa belum ada pustu (puskesmas pembantu), itu mau ke puskesmas jaraknya jauh 20 kilometer, kepaksa mereunan (mungkin) melahirkan di jalan,” kata Dulhani Selasa (10/3/2020).

Kondisi jalannya rusak dan masih tanah merah. Ada sekitar 2 kilometer yang jalannya sangat memprihatinkan dan sulit dilalui kendaraan.

Saat di jalan poros desa itu, warganya kemudian tak kuat menahan si janin. Kebetulan, ia membonceng motor dan mengalami pecah ban.

“Awalnya pake motor, pas motor betus (bocor) ban, ibunya ngalahirkeun 
(melahirkan). Mobil tacan aya (belum ada), kan menta (minta) angkutan umum ke pemda, teu meunang deui (tidak mendapatkan lagi), kan kapantingan (kepentingan) masyarakat,” ujarnya.

Ibu yang melahirkan di jalan itu akhirnya ditolong oleh warga yang melintas. Ia kemudian dibawa ke puskesmas olah salah satu bidan yang kebetulan lewat menggunakan mobil. (Red)

Sumber : Updatenewa.co.id

Semoga Ibu dan Banyinya selamat.

Post a comment

0 Comments