Kapendam I/BB : TMMD, Sarana Pelestarian Semangat Gotong Royong Warisan Budaya Banget Indonesia


Medan, ZonaXpose.com - Program reguler TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan TNI AD bersama kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah, tidak semata untuk percepatan pemerataan pembangunan di daerah terpencil, tertinggal dan terbelakang, tetapi juga merupakan sarana pelestarian semangat gotong royong yang merupakan warisan budaya leluhur Bangsa Indonesia. 

Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan (Kapendam I/BB), Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, S. Sos, MSi, dalam menyikapi pelaksanaan TMMD ke-107 TA 2020 wilayah Kodam I/BB yang telah memasuki hari ke-25 pada Kamis (9/4/2020). 

Ditemui di Media Centre Pendam I/BB Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kolonel Zeni menjelaskan, dalam pelaksanaan TMMD ke-107 di wilayah Kodam I/BB, personel Satgas dinilai telah berhasil membangkitkan semangat kebersamaan warga di lokasi sasaran fisik. 

Kondisi tersebut terlihat saat antara personel Satgas dengan warga sudah saling bahu membahu dan bergotong royong dalam merampungkan pekerjaan, tetapi warga juga rela untuk ikut lembur bersama personel Satgas TMMD.


"Kontribusi warga yang ikut berjibaku bersama Prajurit TNI dalam merampungkan pembangunan sarana infrastruktur pedesaan, telah menjadi spirit baru untuk terus melestarikan semangat gotong royong guna diwariskan kepada generasi berikutnya," terang Kolonel Zeni.     

Dijelaskan Kolonel Zeni lagi, keikutsertaan warga dalam program TMMD ke-107 pada 6 (enam) Kodim di wilayah Kodam I/BB, tentunya memberi nilai tambah bagi TNI dalam upaya membantu pemerintah mempercepat pemerataan pembangunan di daerah. 

Karena hal tersebut, sangat berharap agar kebersamaan dan kedekatan Prajurit TNI dengan warga di lokasi TMMD bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan lagi di masa depan. 

"Yakinkan terus kepada warga bahwa TNI akan selalu hadir di tengah masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitannya. Dan tanamkan pada diri masing-masing personel, bahwa pembangunan ini sebagai wujud niat ikhlas dan tulus yang termotivasi oleh jati diri TNI sebagai Tentara Pejuang, dan Tentara Rakyat untuk berkarya nyata yang langsung dapat menyentuh serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," urai Kolonel Zeni. 

Pembangunan infrastruktur pedesaan di 6 (enam) Kodim jajaran Kodam I/BB sebagai pelaksana TMMD ke-107 TA 2020, lanjut Zeni, juga sebagai tekad dan komitmen TNI dalam memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara. 

"Karena kita menyadari benar bahwa sebagai Prajurit, muara pengabdiannya adalah untuk kepentingan seluruh Rakyat Indonesia," ungkapnya.

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments