Putus Mata Rantai Corona, Yonarmed 9 Cek 479 Penumpang Kapal


JAKARTA, ZonaXpose.com - Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona, Satgas Yonarmed 9 Kostrad melakukan pengecekan terhadap 479 penumpang kapal di Pelabuhan Kayoa, Halmahera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonarmed 9 Kostrad , Mayor Arm Andi Achmad Afandi S.Sos, M.Si., dalam rilis tertulisnya di Tobelo, Halmahera Utara, Rabu (15/4/2020).

Dikatakan Dansatgas, pengecekan yang dilakukan bersama pihak Kecamatan, Puskesmas, dan Pelabuhan Kayoa ini, untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona, khususnya di wilayah Halmahera Selatan.

“Pengecekan kita lakukan terhadap sekitar 479 penumpang yang tiba dan akan pergi melalui pelabuhan Kayoa,” kata Afandi.

“Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona di wilayah ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut disampaikan, dalam pengecekan tersebut, selain dilakukan pendataan asal penumpang dan riwayat perjalanannya, juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penggunaan alat pelindung diri (ADP).

“Penumpang yang kondisi suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat Celcius, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Afandi.

“Dan bagi penumpang yang tidak menggunakan masker, selain diberi himbauan juga dibagikan masker,” tambahnya.

Sedangkan untuk barang bawaan penumpang, dijelaskan Dansatgas dilakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan terhadap barang bawaan penumpang, seperti tas dan kardus-kardus para penumpang,” ujar Afandi.

“Semoga dengan kegiatan ini, dapat mencegah dan memutus rantai penyebaran virus ini, serta memberikan kenyamanan bagi para penumpang kapal,” lanjutnya.

Sementara itu, Fajri (37) sebagai Camat Kayoa memberikan apresiasi terhadap keterlibatan Satgas Yonarmed 9 Kostrad untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah kecamatannya.

“Terima kasih atas partisipasi bapak-bapak dari Satgas, dalam pelaksanaan kegiatan pencegahan virus Corona di wilayah kami,” kata Fajri.

“Semoga kegiatan seperti ini, akan berlanjut untuk memutus rantai penyebaran Corona dan kebaikan kita semua,” harapnya. 

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments