Dandim 1202/Singkawang Menghadiri Acara Ritual Pelaksanaan Hukum Adat


Singkawang, ZonaXpose.com - Minggu (07/06/2020) bertempat di Rumah Adat Dayak Kota Singkawang dijalan Baru Kel. Sijangkung Kec. Singkawang Selatan Kota Singkawang telah dilaksanakan acara Ritual pelaksanaan hukum adat terhadap saudara Romie (akun Fb Pulau Lemukutan) dan saudari Neta (akun Fb Veliana) terkait kasus ujaran kebencian di Medsos beberapa waktu yang lalu.

Sambutan Ketua DAD Prov, Jakius Sinyor menyampaikan dalam permasalahan ini intinya kita koordinasi sehingga kita bisa hadir disini, kami berharap yang hadir disini tidak ada pemaksaan, damai itu indah. Kita melibatkan Polda untuk menyelesaikan permalahan ini, kami sampaikan kepada pemuda Dayak ini permasalahan ini sudah selesai.

Masalah hukuman, ini bukan aib, jangan dinilai jumlah uang tetapi apabila kita perang pasti banyak uang yang kita keluarkan, kita harus ambil makna acara ini. Kami dapat menyatukan berbagai suku dayak melalui adat, kita saling hargai sesama. Kita harus berhati-hati bermain Medsos jangan bawa agama dan suku di Medsos, untuk mempertahankan kota tertoleran itu tidak gampang.

Apapun permasalahan jangan dibumbui hal politik, sekali lagi  ini adalah hasil komunikasi yang baik, jangan ada dendam dan sakit hati diantara kita, mari kita rendam segala isu yang ada.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, SE. MH, Selaku kepala daerah kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyelesaikan permasalahan ini,  berkat kerja kita semua.

Hal yang kita ambil hikmahnya yaitu berhati-hatilah dalam penggunaan MEDSOS, jangan ada ujaran kebencian, mengkritik dll. yang menyudutkan satu pihak/suku.

Kita berharap ini yang pertama dan terakhir dikota Singkawang, ini murni tidak ada paksaan dan tidak ada unsur sara dalam menyelesikan permasalahan ini.

Yang bersalah ini adalah pribadi, saya menghimbau mari kita jaga kota tertoleran yang telah kita dapatkan, mempertahankan sangat sulit, dengan acara ini kami yakin kita sanggup menjaga kota tertoleran.

Ingat sejarah, kita keturunan adam dan hawa, tidak ada keuntungan kalau sudah bermasalah, hiduplah dengan cinta kasih, amannya kota Singkawang adalah modal kita guna mengundang investor untuk membangun kota Singkawang, mari kita bersatu padu menjaga kota Singkawang.(Pendim 1202/Skw)

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments