Lurah Duri Utara Sulastri : Sasaran Rapid Test Adalah Kelompok Rentan di Utamakan Bagi Lansia di Wilayah RW 02


Jakarta, ZonaXpose.com - Kelurahan Duri Utara bersama Puskesmas Kec.Tambora telah melakukan rapid test virus Corona atau Covid-19 terhadap puluhan warga diwilayah rw 02. Rapid test tersebut dilaksanakan Pagi hingga siang.

Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi terhadap serangan kuman di dalam tubuh, Mereka yang dinyatakan positif dari hasil rapid test akan dilaksanakan tes dengan menggunakan SWAB atau PCR.

Prosedur pemeriksaan Rapid Test di mulai  dengan mengambil sampel darah dari ujung jari yang kemudian diteteskan ke alat rapid test. Selanjutnya, cairan untuk menandai antibodi akan  diteteskan ditempat yang sama. Hasilnya akan berupa garise yang muncul 10-15 menit setelahnya.


Karena keterbatasan alat, tidak semua orang dapat menjalani prosedur ini secara serentak, sejauh ini pemeriksaan hanya diprioritaskan untuk orang yang lebih berisiko terhadap COVID-19.

Sasaran rapid test COVID-19 adalah kelompok rentan diutamakan bagi lansia, kontak erat pasien positif, ibu hamil, orang dengan hipertensi dan diabetes melitus.

Selain itu, rapid test juga menyasar remaja potensi positif tapi tanpa gejala dengan rentang usia 20 sampai 40 tahun.


Dihadiri Lurah Duri Utara Ibu Sulastri, ASN Kel. Duri Utara, Binmas, Babinsa, Satpol PP, FKDM, LMK, Pengurus RW 02.

Rapid test tersebut diharapkan dapat menyaring secara cepat keberadaan kasus positif Covid-19 sehingga meminimalisir penyebarannya.

Asep.
ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments