Pastikan Perbatasan Aman, Satgas Yonif 623 Gelar Pemeriksaan Rutin Pelintas Batas


JAKARTA, ZonaXpose.com - Menjaga stabilitas dan pastikan keamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia terjamin, Satgas Yonif 623/Bhakti Wira Utama melaksanakan pemeriksaan secara rutin terhadap setiap pelintas batas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa (23/6/2020).

Diungkapkan Dansatgas, pemeriksaan yang dilakukan ini merupakan penekanan Pangdam VI/MLW, Mayjen TNI Subianto agar Satgas rutin dan ketat periksa para pelintas batas baik masuk maupun keluar perbatasan.

“Beliau juga menyampaikan tidak ada toleransi untuk barang-barang terlarang masuk ke Indonesia melalui perbatasan,” ujarnya.

Untuk mencegah hal itu, kali ini Pos Salang dipimpin Letda Inf Edi Sukatman bersama 11 personel pada Senin (22/6/2020), melakukan pemeriksaan rutin bagi para pelintas batas di Jalan Provinsi dan jalan setapak di Desa Salang, Kecamatan Tulin Onsoi.

“Selain menjaga stabilitas keamanan, pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi pelintas batas tidak resmi dan penyelundupan barang-barang,” ujarnya.

Dijelaskan Yordania, setiap pelintas dan kendaraan yang melintas dari Indonesia maupun Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku, dimulai dari depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan.

"Pemeriksaan juga difokuskan pada identitas diri, dokumen kendaraan dan pelintas batas negara serta barang-barang yang dibawa oleh pengendara,” tandasnya. 

Di tempat terpisah, Danpos Letda Inf Edi Sukatman mengatakan, kegiatan pengecekan rutin yang dilaksanakan semata-mata untuk menjamin keamanan dan ketertiban, sekaligus juga mencegah tindak kejahatan di wilayah perbatasan.

“Kita tidak boleh lengah, apalagi masih ada segelintir oknum pelaku tindak kejahatan memanfaatkan situasi untuk membawa barang-barang yang tidak sesuai aturan,” urainya.

Jalan Provinsi jelasnya, adalah jalur strategis bagi pelintas yang dilalui warga kedua negara maupun dari negara lainnya. 

“Selain jalur Provinsi kami juga menutup jalan tikus agar kendaraan yang melintas terpusat melewati pos pemeriksaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Willi Nerson (56) salah seorang warga yang melintas di Jalan Provinsi memberikan apresiasi positif atas kegiatan pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh personel Satgas.

"Hal ini sangat baik dilakukan demi mencegah terjadinya penyeludupan barang-barang terlarang, dan untuk Bapak TNI, kami mengucapkan terima kasih," tuturnya. 

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments