Bantu Pemprov Tangani Covid-19, Kapolda Kalteng Bangun Lab PCR Dhira Brata Di RS Bhayangkara


Kalteng,ZonaXpose.com - Kehadiran laboratorium untuk melakukan tes PCR merupakan salah poin penting yang dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona baru (Covid-19). Karena itu, kehadiran lab PCR Dhira Brata di RS Bhayangkara Kalimantan Tengah sangat membantu upaya penanganan pandemik Covid-19 di wilayah tersebut. 

Lab Dhira Brata yang diresmikan Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Dedi Prasetyo, di RS Bhayangkara TK II, Selasa (14/7) merupakan laboratorium pertama yang dibangun secara mandiri di luar pulau Jawa untuk mendeteksi virus corona. 

“Semangat saya mendirikan Lab PCR dalam rangka membantu Pemda melakukan mitigasi maksimum Covid-19 biar cepat turun yang positif dan meningkat yang sembuh, serta minimalisir mortalitas (tingkat kematian),” kata Irjen Pol Dedi kepada wartawan, Selasa (14/7). 

Pasalnya, Irjen Pol Dedi menambahkan, Kalimantan Tengah termasuk salah satu daerah yang tingkat risiko kematiannya cukup tinggi. Dengan adanya laboratorium ini, kata Irjen Pol Dedi, sekaligus menunjukkan Polri hadir untuk masyarakat Kalteng guna mendukung percepatan penanganan pasien Covid-19. 

Tidak hanya dikhususkan bagi anggota Polri, ASN, dan keluarga saja, melainkan juga bagi seluruh masyarakat yang berada di Kalimantan Tengah yang terpapar Covid-19. “Lab PCR ini mampu mengambil 400 spesimen per hari dengan durasi 5 jam per 100 sampel,” terang Dedi. Sekadar info, peresmian laboratorium ini turut dihadiri oleh Kabinda, Ka BNNP, Sekda Kalteng, Irwasda, Kadis Kesehatan, Pejabat Utama Polda Kalteng, dan Direktur RS Kota Palangkaraya. (Captoen)

ZonaXpose

Post a comment

0 Comments