Dimasa Pandemi COVID-19, Babinsa Ramil 16/Pdw Prakarsai Warga Manfaatkan Lahan Tidur


Aceh Timur, ZonaXpose.com - Sejak awal di terapkannya stay home, dan penerapan status new normal dimasa Pandemi Covid 19 mengakibatkan melemahnya ekonomi yang berdampak pada masyarakat menengah kebawah khususnya di wilayah Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, seperti yang dialami Sulaiman (46th) pekerjaan buruh tani, warga Gampong Seuneubok Peunteut, Kamis (06-08-20).

Sebagai Komando Kewilayahan Koptu Tri Hartono Babinsa Koramil 16/Peudawa Kodim 0104/Aceh Timur memprakarsai warganya yang saat ini susah untuk menafkahi keluarganya demi kelangsungan hidupnya di tengah mengalirnya wabah Corona seperti yang kita rasakan saat ini.

Sulaiman mengeluhkan kepada Babinsa, "semua itu harus bermodal pak", menanggapi perkataan tersebut Babinsa menuturkan, "jangan kita kerjakan sendiri" manusia itu makhluk sosial tidak bisa hidup tanpa bantuan, kalau masalahnya sekedar modal kita ajak juga mitra karib kita dengan skala kecil dan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah, kemudian masalah modal, tenaga ataupun keuangannya saya sebagai Babinsa gampong Seuneubok Puntet juga mau turut andil, asalkan dilapangan kita ada kemauan dan niat, dengan memanfaatkan lahan kosong atau tidur, “uang ada, “tantang Hartono kepada warga binaannya itu.

Dimulai dari situlah upaya kegiatan tersebut tetap berjalan hingga saat ini, tinggal masa perawatan dan hasil panen dengan lahan seluas 15 rante. Dengan tidak sengaja kegiatan tersebut terkandung dalam pengamalan 8 wajib TNI serta multi dari bentuk kegiatan ketahanan pangan  selain produk Pajale (Padi, Jagung, Kedelai).

Babinsa juga menghimbau kepada warganya untuk tidak cepat patah semangat dalam menjalani kehidupan. Dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan. 

Seperti yang disampaikan oleh Dandim 0104/Atim Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) saat memberikan Jam Komandan kepada kami Anggota Kodim 0104/Atim. Kita sebagai manusia harus memiliki konsep 0104, agar bisa mencapai cita-cita yang kita inginkan.

“Konsep 01, kita sebagai mahluk hidup harus memiliki tujuan. Sedangkan 04 maksudnya, manusia harus bisa merencanakan, melaksanakan rencana tersebut (action atau do it), fokus dan terakhir berdo’a, “pungkas Pak Babinsa yang ramah itu.

ZonaXpose.

Post a comment

0 Comments