TNI AL Peringati Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual


Jakarta, ZonaXpose.com - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2020 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual akibat pandemi Covid 19 dengan menyaksikan pelaksanaan upacara secara virtual yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/8).

Di jajaran Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, upacara secara virtual berlangsung di Lobby Gedung R.E. Martadinata yang dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Wakasal Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., para Pejabat Utama serta para Kepala Dinas terkait. 

Mengenakan seragam kebesaran Pakaian Dinas Upacara  (PDU-I) berwarna putih-putih, para Perwira Tinggi TNI AL dengan penuh khidmad mengikuti jalannya upacara bendera dari Istana Negara melalui saluran televisi. Upacara dimulai dengan detik-detik proklamasi, pembacaan Teks Proklmasi oleh Ketua MPR H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, pembacaan doa oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., dan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih. Pada saat penaikan  bendera Merah Putih para peserta upacara turut melaksanakan penghormatan dengan posisi sikap sempurna.

Seusai melaksanakan upacara secara virtual, Kasal memimpin acara syukuran sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan potong tumpeng secara sederhana. Pada kesempatan ini,  Kasal menekankan bahwa kita sebagai generasi penerus tidak boleh melupakan jasa-jasa pahlawan yang telah berhasil mewujudkan kemerdekaan. “Kita harus bersyukur dan mendoakan semoga pahalanya diterima dan dosanya diampuni, serta kita harus mengisi kemerdekaan dengan melanjutkan perjuangannya”, tegas Kasal.

Peringatan upacara secara virtual ini tidak saja dilaksanakan di Mabesal tetapi juga di seluruh jajaran TNI AL mulai tingkat Kotama, Lantamal, Lanal maupun KRI. Saat detik-detik Proklamasi kesatuan-kesatuan jajaran TNI AL membunyikan alarm selama 60 detik, sementara Kapal-kapal perang RI (KRI) membunyikan gauk dan membacakan kalimat yang membakar semangat Rakyat Indonesia. “Tujuh Puluh Lima tahun yang lalu  tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaan. Kemerdekaan bangsa Indonesia bukan hadiah dari siapapun namun direbut dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan disertai doa seluruh bangsa Indonesia. Dan hari ini tepat tanggal 17 Agustus 2020 adalah Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Semoga Indonesia Maju,  Merdekaaa”.

Pada malam sebelumnya tepat pukul 24.00 WIB, Mabesal juga menggelar doa bersama  untuk mengenang dan mendoakan  arwah pahlawan bangsa yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah demi tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia yang dipimpin Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabesal, Kolonel Marinir Umar Farouq. 

Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Post a comment

0 Comments